RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Laguboti
Mata Pelajaran : Pengukuran listrik
Kelas/Semester : X/Gasal
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 1 x 25 Menit
Standar Kompetensi : Menganalisis rangkaian listrik Dinamis
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan konsep Arus Listrik
Mendeskripsikan kuat arus listrik
Mendeskripsikan sumber-sumber tegangan
Menganalisis pengukuran Beda Potensial
Indikator :
Ø Dijelaskan pengertian arus listrik dan elektron
Ø Dijelaskan manfaat dan cara kerja alat ukur arus listrik
Ø Dijelaskan manfaat dan cara kerja alat ukur tegangan listrik
Ø Dijelaskan fungsi saklar dan sekering pada rangkaian listrik
I. Tujuan Pembelajaran :
- Mengetahui dan memahami apa itu arus listrik dan elektron pada rangkaian listrik.
- Mengetahui dan memahami cara mengukur kuat arus dan beda potensial.
- Mengetahui peralatan alat ukur arus. tegangan dan hambatan listrik.
- Memahami cara penggunaan saklar dan sekering.
II. Materi Pembelajaran :
Ø Pengukuran dan Alat-alat ukur Listrik
Ø Rangkaian Dasar Listrik Terpadu
III. Metode Pembelajaran :
- Diskusi
- Demonstrasi
- Simulasi/praktikum
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan : 1
A. Pendahuluan
- Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
- Mengisi daftar hadir.
- Guru sedikit mengulas materi pelajaran yang sebelumnya.
- Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.
- Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan.
B. Inti
- Mendiskusikan manfaat dan cara kerja alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
- Merangkum sumber bacaan megenai peralatan alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
- Menganalisis manfaat alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
- Menghitung dengan menggunakan alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
C. Penutup
- Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik.
- Guru memberikan kesimpulan dari keseluruhan pembelajaran untuk penguatan pencapaian tujuan pembelajaran.
- Guru memberikan tugas kepada peserta didik.
V. Alat bahan/Sumber Belajar
Buku PAUL (Pengenalan Alat Ukur Listrik).
Bahan sumber tambahan dari internet
Objek langsung berupa alat ukur listrik
Komputer atau laptop
LCD Projector + LCD Screen
VI. Penilaian
· Tes tertulis (bentuk instrumen = uraian : instrumen tes terlampir)
· Keaktifan & sikap perilaku (untuk penilaian afektif)
· Praktikum (format penilaian terlampir)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar