Rabu, 11 April 2012

Contoh Rpp Pengukuran Listrik

                                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                       ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMK Negeri 1 Laguboti
Mata Pelajaran                        : Pengukuran listrik
Kelas/Semester                        : X/Gasal
Pertemuan ke                          : 1
Alokasi waktu                        1 x 25 Menit
Standar Kompetensi               Menganalisis rangkaian listrik Dinamis
Kompetensi Dasar                  : Mendeskripsikan konsep Arus Listrik
                                                 Mendeskripsikan kuat arus listrik
                                                 Mendeskripsikan sumber-sumber tegangan
                                                 Menganalisis pengukuran Beda Potensial

Indikator         :
Ø  Dijelaskan pengertian arus listrik dan elektron
Ø  Dijelaskan manfaat dan cara kerja alat ukur arus listrik
Ø  Dijelaskan manfaat dan cara kerja alat ukur tegangan listrik
Ø  Dijelaskan fungsi saklar dan sekering pada rangkaian listrik

I.  Tujuan Pembelajaran          :
-      Mengetahui dan memahami apa itu arus listrik dan elektron pada rangkaian listrik.
-      Mengetahui dan memahami cara mengukur kuat arus dan beda potensial.
-      Mengetahui peralatan alat ukur arus. tegangan dan hambatan listrik.
-      Memahami cara penggunaan saklar dan sekering.

II.  Materi Pembelajaran         :
Ø  Pengukuran dan Alat-alat ukur Listrik
Ø  Rangkaian Dasar Listrik Terpadu


III. Metode Pembelajaran       :
-            Diskusi
-            Demonstrasi
-            Simulasi/praktikum


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan :  1
A. Pendahuluan
-        Guru meminta ketua kelas memimpin temannya untuk menyiapkan kelas dan berdoa terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
-        Mengisi daftar hadir.
-        Guru sedikit mengulas materi pelajaran yang sebelumnya.
-        Guru menjelaskan kemanfaatan materi bagi peserta didik.
-        Guru meminta peserta didik untuk menyimak dan memperhatikan materi yang akan diberikan.

B. Inti
-      Mendiskusikan manfaat dan cara kerja alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
-      Merangkum sumber bacaan megenai peralatan alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
-      Menganalisis manfaat alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
-      Menghitung dengan menggunakan alat ukur arus, tegangan dan hambatan listrik.


                                            


C.  Penutup
-        Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik.
-        Guru memberikan kesimpulan dari keseluruhan pembelajaran untuk penguatan pencapaian tujuan pembelajaran.
-        Guru memberikan tugas kepada peserta didik.

V.  Alat bahan/Sumber Belajar
Buku PAUL (Pengenalan Alat Ukur Listrik).
Bahan sumber tambahan dari internet
Objek langsung berupa alat ukur listrik
Komputer atau laptop
LCD Projector + LCD Screen

VI.   Penilaian
·                Tes tertulis (bentuk instrumen = uraian : instrumen tes terlampir)
·                Keaktifan & sikap perilaku (untuk penilaian afektif)
·                Praktikum (format penilaian terlampir)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar